Sabtu, 24 Mei 2014

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza

Malam All semua.Dah lama ni ga nulis - nulis.....
maklum gy banyak banget tugas heheheh

Ok deh langsung aja.....
Untuk kali ini saya pengen ngebahas tentang kendaraan seribu umat, yaitu Toyota Avanza.

Generasi pertama mobil ini diluncurkan saat Gaikindo Auto Expo 2003 dan terjual 100.000 unit pada tahun tersebut. Nama "Avanza" berasal dari bahasa Italia avanzato, yang berarti "peningkatan".

Toyota Avanza tipe S.
Pada akhir tahun 2006, diluncurkan New Avanza-Xenia dengan perubahan tampilan, aksesoris, peningkatan performa serta mesin baru berteknologi pengaturan katup variabel VVT-i yang melengkapi semua versi (facelift). Pada akhir tahun 2006 juga diluncurkan New Avanza S (1.5 S VVT-i) yang merupakan versi terlengkap dengan mesin berkapasitas 1.500 cc VVT-i, sensor parkir belakang, teknologi pengereman ABS serta pelek aluminium 15". Mesin 1.500 cc VVT-i yang digunakan oleh Toyota Avanza memiliki spesifikasi yang sama persis dengan Toyota Rush. New Avanza S tersedia dalam dua pilihan transmisi, manual dan otomatis.
Sementara perubahan model secara keseluruhan (full model change) dilakukan pada tahun 2011 yang menandai mulainya generasi kedua. Munculnya varian baru Veloz (berasal dari bahasa Inggris, Velocity yang artinya kecepatan) menjadi varian teratas (top of the line) juga menjadi pembeda dengan generasi sebelumnya.
Toyota Avanza juga dipasarkan di sejumlah negara Asia Pasifik seperti Malaysia (Versi 1.5 G dilengkapi dengan airbag), Thailand, dan Filipina, selain itu juga dipasarkan di Afrika Selatan dan Meksiko. Sementara Daihatsu Xenia generasi pertama juga dijual di Republik Rakyat Tiongkok dengan konfigurasi kapasitas mesin 4 silinder 1.300 cc seperti Toyota Avanza.

Disini juga saya akan sedikit ngebahas tentang kelebihan dan kekurangan toyota avanza itu sendiri :
Diambil dari beberapa sumber dan sedikit referensi dari para pemakai toyota avanza sendiri memiliki

Kelebihan :

*  Harga jual kembali Stabil
*  Mesin 1.300 cc & 1.500 cc yang irit dan bertenaga
*  Sparepart mudah dan murah
*  Perawatan Mudah
Kekurangan :


Accu (Aki) bermasalah

Pada mobil Avanza keluaran pertama sering timbul masalah kelistrikan yaitu aki sering tekor bila perangkat elektronik seperti AC, wiper, dan audio dinyalakan berbarengan. Gejala yang timbul adalah mobil agak sulit dihidupkan kembali saat hendak di nyalakan. Selain itu, aki juga cepat panas ketika dilakukan pemeriksaan. Untuk mengatasinya Kawan Kapsul dapat menambah titik massa (kabel kutub negatif aki-red) yang menempel ke bodi.

Tutup fog lamp hilang

Meskipun tidak menganggu performa, namun hilangnya tutup fog lamg akan sangat menggangu dari segi penampilan. Copotnya komponen seharga 50 ribu rupiah ini pada umumnya disebabkan karena pengkait tutup foglamp tersebut tipis untuk mengait lubangnya di bumper. Jika tutup fog lamp Kawan Kapsul terlanjur hilang sebaiknya mengganti dengan tutup samping foglamp milik Xenia. Sebab, kuping pengkaitnya sedikit lebih keras.

Limbung

Memang sudah banyak diketahui bahwa Toyota Avanza cenderung limbung saat di kecepatan tinggi, dan terlalu empuk di kecepatan rendah. Ini disebabkaningkaran pegas spiralnya lebar, sehingga membuatnya terlihat sangat bongsor bila dibanding dimensi shockabsrober dan ukuruan bodi. Tetapi sayangnya komponen tersebut tidak mampu menopang dengan baik. Hasilnya pada saat kendaraan terisi penumpang, mobil langsung amblas. Untuk mengatasinya yaitu dengan mengganti per dan shockabsorber produk aftermarket yang sedikit lebih keras. Dan yang harus dihindari adalah pemasangan strut bar dan stabiliser, karena akan membuat handling lebih rigid.

Velg keluar bodi

Permasalahan lainnya yang dimiliki Toyota Avanza generasi sebelum minor change adalah roda yang menjorok keluar dari bodi saat mengganti velg dan ban, dengan yang lebih lebar. Lucunya, gejala ini hanya timbul di bagian depan saja, sedangkan bagian belakang hampir tidak ada masalah. Untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan mengganti dengan shockabsorber aftermarket yang memiliki posisi mangkok agak tinggi. Dengan cara ini, Avanza bisa memakai velg berukuran lebar bahkan hingga 20 inci.

Sirip ventilasi cepat pudar

Sirip ventilasi yang berada di bawah wiper ini cepat sekali pudar meskipun sudah diantisipasi dengan menggunakan cairan pengkilap. Meskipun tidak mempengaruhi performa namun kondisi yang demikian tidak sedap dipandang mata. Untuk mengatasi permasalahan tesebut gunakanlah semir sepatu warna hitam yang berbentukpasta untuk mengembalikan warna hitam tersebut.

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar